Friday 31 March 2017

PRAKTIKUM 6 (LAPORAN & JAWABAN 3 SOAL) - INTERVLAN

LINK YOUTUBE VIDEO INTERVLAN




1. Jelaskan perbedaan VLAN dan InterVLAN!
Virtual Local Area Network (VLAN) adalah sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, sedangkan
Komunikasi antar host dalam sebuah VLAN dengan host dalam VLAN yang lain dinamakan Inter-VLAN.  
Jadi perbedaannya VLAN adalah sekelompok perangkat LAN yang saling terkonfigurasi , sedangkan interVLAN bisa dikatakan sebagai penghubung komunikasi host antar VLAN satu dengan lainnya.

2. Apa yang dimaksud routing interVLAN?
InterVLAN Routing adalah proses routing yang di jalankan oleh router yang bertujuan agar masing-masing komputer pada VLAN yang berbeda bisa saling berhubungan. VLAN diasosiasikan dengan ip subnet yang unik pada network. Konfigurasi subnet akan memfasilitasi proses routing pada lingkungan beberapa VLAN.

3. Apa keuntungan menggunakan interVLAN?
- Ketika kita menggunakan router untuk memfasilitasi inter­VLAN routing, interface pada router  dapat dihubungkan dengan VLAN yang berbeda.
- Implementasi yang mudah
- Tidak membutuhkan layanan layer 3 pada switch
- Router menyediakan komunikasi antar VLAN




INTERVLAN


Disusun Oleh Kelompok B :


Sovian Dony
NIM: 064001600001

Anri Ricardo Panggabean
NIM: 065001600011

Dimas Adi Pratama
NIM: 064001600003

M. Ichsan Gunawan
NIM: 064001600023




Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2017









Tujuan

                  Laporan ini dibuat untuk menyelesaikan praktikum enam matakuliah Jaringan Komputer. Selain itu, hal ini juga berguna sebagai panduan umum dalam membuktikan percobaan jaringan Inter Virtual Local Area Network.
Teori Percobaan

    Virtual LAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang di konfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.
    Agar komputer yang berbeda VLAN dapat terkoneksi maka dibutuhkan perangkat layer 3 yaitu router. Persyaratan router yang dapat dipakai untuk routing VLAN adalah router tersebut harus bisa dibuat trunking ke switch. Oleh karena itu, router-nya harus tersedia interfacefastethernet, selain itu IOS untuk router tersebut juga harus mendukung trunking. Cirinya adalah interface-nya bisa dibuat subinterface, dan mendukung enkapsulasi ISL serta DOT1Q. Inter-VLAN routing adalah proses mem-forward traffic network dari satu VLAN ke VLAN lain menggunakan router. VLAN diasosiasikan dengan ip subnet yang unik pada network. Konfigurasi subnet akan memfasilitasi proses routing pada lingkungan beberapa VLAN. Ketika kita menggunakan router untuk memfasilitasi inter-VLANroutinginterface pada router dapat dihubungkan dengan VLAN yang berbeda. Setiapdevice pada VLAN tersebut mengirimkan traffic melalui router untuk mencapai VLAN lain.

Pertanyaan
  1. Jelaskan perbedaan VLAN dan InterVLAN! 
Virtual Local Area Network (VLAN) adalah sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, sedangkan 
Komunikasi antar host dalam sebuah VLAN dengan host dalam VLAN yang lain dinamakan Inter-VLAN.   
Jadi perbedaannya VLAN adalah sekelompok perangkat LAN yang saling terkonfigurasi , sedangkan interVLAN bisa dikatakan sebagai penghubung komunikasi host antar VLAN satu dengan lainnya.

  1. Apa yang dimaksud routing interVLAN?
InterVLAN Routing adalah proses routing yang di jalankan oleh router yang bertujuan agar masing-masing komputer pada VLAN yang berbeda bisa saling berhubungan. VLAN diasosiasikan dengan ip subnet yang unik pada network. Konfigurasi subnet akan memfasilitasi proses routing pada lingkungan beberapa VLAN.

  1. Apa keuntungan menggunakan interVLAN?

  • Ketika kita menggunakan router untuk memfasilitasi interVLAN routing, interface pada router  dapat dihubungkan dengan VLAN yang berbeda.
  • Implementasi yang mudah
  • Tidak membutuhkan layanan layer 3 pada switch
  • Router menyediakan komunikasi antar VLAN
CARA PERCOBAAN

  1. Pasang 1 router, 1 switch dan  6 pc. Lalu sambungkan dengan kabel automatic


  1. Setting ip addres, submask, dan gateaway pada setiap pc


  1. Setting cli pada router, seperti gambar di bawah ini


  1. Lalu setting VLAN database pada switch
vlan number : 100        vlan number : 200
vlan name : TIF        vlan name :SI

  1. Masih pada swicth, buka file klik fastEthernet 0/1 (router – swicth), dan pilih trunk.


  1. Untuk fastEthernet 0/2 sampai 0/4 (swicth – pc), pilih access (TIF 100)


  1. Untuk fastEthernet 0/5 sampai 0/7 (swicth – pc), pilih access (SI 200)


  1. Lalu lakukan percobaan ping contohnya dari pc 3 ke pc 1. Lihat hasilnya

  1. Setelah sukses. Kita coba kirim surat dari pc 3 ke pc 1.


  1. Setiap PC sudah terhubung.

DATA – DATA

KESIMPULAN

        Dengan dilakukannya praktikum jaringan InetVLAN ini, kita dapat mengetahui dan memahami konfigurasi dan panduan umum untuk membuat jaringan InterVLAN dalam Cisco Packet Tracer. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi kita yang ingin mencoba membuat VLAN.

No comments:

Post a Comment