Wednesday 15 March 2017

PRAKTIKUM 4 (LAPORAN & JAWABAN 3 SOAL) - JARINGAN BEDA KELAS CISCO PACKET TRACER

LINK YOUTUBE VIDEO JARINGAN BEDA KELAS CISCO PACKET TRACER

1.Apa yang dimaksud dengan Network address dan Host address?

- Network address adalah alamat network paling pertama didalam sebuah network/jaringan dan tidak bisa digunakan (kecuali dalam kondisi tertentu).
Yang dimaksudkan kondisi tertentu ini adalah dimana host dipaksa menggunakan full routing sebelum menuju host selanjutnya, jadi host akan dipaksa untuk melakukan komunikasi terlebih dahulu ke router sebelum bisa berkomunikasi dengan host lainnya

- Host Identifier/HostID atau Host address (alamat host) yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat host (dapat berupa workstation, server atau sistem lainnya yang berbasis teknologi TCP/IP) di dalam jaringan. Nilai host identifier tidak boleh bernilai 0 atau 255 dan harus bersifat unik di dalam network identifier/segmen jaringan di mana ia berada.


2.Jelaskan pengertian LAN dan prinsip kerjanya!

- LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

- Prinsip kerja LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan akhirnya dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan.



3.Apa saja kelebihan dan kekurangan dari LAN?

Kelebihan :

- Mengiriman data lebih cepat antar komputer

- IP hanya sampai di switch kemudian router yang menghubungkan dengan IP Publik.

- Membuat efisiensi kerja lebih produktif sekaligus lebih efektif juga.

- Memangkas penggunaan kabel, jika dibandingkan dengan sistem connect one by one.

- Tidak memerlukan jaringan internet untuk terhubung dari komputer satu dengan lainnya yang dapat menghemat pengeluaran.



Kekurangan :

- Luas cakupan sempit

- Rentan terkena virus jika salah satu PC yang terhubung terinfeksi.

- Kecepatam modem lambat terlebih jika PC semakin banyak.

- Sistem keamanan yang kurang baik





JARINGAN BEDA KELAS CISCO PACKET TRACER


Disusun Oleh Kelompok B :


Sovian Dony
NIM: 06400160001

Anri Ricardo Panggabean
NIM: 065001600011

Dimas Adi Pratama
NIM: 064001600003

M. Ichsan Gunawan
NIM: 064001600023


Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2017






Tujuan
 Laporan ini dibuat untuk menyelesaikan praktikum empat matakuliah Jaringan Komputer. Selain itu, hal ini juga beguna sebagai panduan umum dalam membuktikan percobaan jaringan beda kelas.
IP Address adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain, IP Address terdiri dari 4 Blok, setiap Blok di isi oleh angka 0 - 255. Contoh IP Address seperti 192.168.100.1 , 10.57.38.223 , ini adalah IPv4.

IP Address Memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID , contoh 192.168.100.1, secara default Net ID nya adalah 192.168.100 dan Host ID nya adalah 1, agar komputer bisa saling terhubung , IP yang digunakan Net ID nya harus sama, dan Host ID nya harus berbeda.
Agar mudah ngerti, Net ID adalah nama jalan dan Host ID adalah nomor Rumah, jadi Jln. Diponegoro No 3 , jika nama jalan dari beberapa orang sama, maka nomor rumah mereka tidak mungkin sama.


Teori Percobaan

    Packet Tracer adalah software simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
    Pada percobaan ini kita akan membuktikan apakan pc yang terhubung satu jaringan namun beda kelas dapat saling terhubung.

CARA PERCOBAAN

  1. Buka Paket Tracer.

  1. Pasang 1 Router, 2 Swicth, dan 6 PC.

  1. Sambungankan menggunakan kabel automatic seperti gambar berikut.

  1. Lalu klik router dan pilih menu config

  1. Plih FastEthernet0/0 dan centang kolom Port Status menjadi ON.

  1. Kemudian, isi IP address dalam IP configurationnya menjadi 192.168.1.20 dan Subnet Mask akan terisi otomatis.

  1. Selanjutnya pilih FastEthernet0/1 dan centang kolom Port Status menjadi ON.

  1. Kemudian, isi IP address dalam IP configurationnya menjadi 10.252.11.0 dan Subnet Mask akan terisi otomatis.

  1. Lalu, pilih PC0 dan pilih FastEthernet0 dan setting kolom IP configuration menjadi static dan diisi dengan IP address 192.168.1.10, lakukan hal yang sama pada PC1 dan PC2 dengan mengisi IP address masing-masing 192.168.1.11 dan 192.168.1.12


  1. Lakukan hal yang sama pada PC3, PC4 dan PC5, dengan masing-masing IP addressnya 10.252.11.2 untuk PC3, 10.252.11.3 untuk PC4, 10.252.11.4 untuk PC 5
  1. Lakukan tes dengan mengirimkan ping/pesan sederhana untuk menguji sistem topologi yang telah kita buat, sebagai contoh dari PC0 ke PC1.
 
    

DATA – DATA

vlcsnap-error354.png




KESIMPULAN

        Setelah dilakukannya praktikum jaringan beda kelas ini, kita dapat membuktikan bahwa transfer data hanya dapat dilakukan di dalam kelas yang sama dan tidak dapat dilakukan dalam kelas yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan konfigurasi alamat IP yang berbeda pada router, sehingga PC tidak dapat berkomunikasi pada kelas yang berbeda.

2 comments: