Wednesday 8 March 2017

PRAKTIKUM 3 (LAPORAN & JAWABAN 3 SOAL) - MENGATUR DAN MEMBUKTIKAN FUNGSI SERVER MENGGUKAN PACKET TRACER

LINK YOUTUBE VIDEO MENGATUR DAN MEMBUKTIKAN FUNGSI SERVER MENGGUNAKAN PACKET TRACER

1. Jelaskan 5 fungsi server (DHCP, DNS, FTP, HTTP, E-MAIL)
-           DHCP memiliki fungsi utama mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer, serta akan memberikan kemudahan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan komputer, karena alokasi IP address dapat ditentukan secara otomatis dan dalam satu kali kerja. DHCP server selain bisa memberikan IP address secara dinamik, juga bisa memberikan IP address secara statis kepada client yang terhubung ke jaringan komputer. Selain itu, DHCP memberikan kemudahan dalam proses komunikasi data antar komputer
-           Fungsi utama sistem DNS adalah menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet. Kemudian, DNS juga dapat memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet.
-           Selanjutnya ada FTP yang bisa dikatakan sebagai sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah framework. Fungsi FTP adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet.
-           Selain itu ada yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang mana merupakan sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Fungsi dari HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.
-           Terakhir ada server email yang merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email Mail server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk.

2. Jelaskan fungsi dari router dan server!
-           Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.
-           Server memiliki fungsi untuk:
1) Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client
2) Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat digunakan disemua komputer client di dalam jaringan
3) Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
4) Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.
5) Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.

3.  Apa perbedaan antara DHCP dan DNS?
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis (bisa juga manual) memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Sedangkan, DNS adalah singkatan dari Domain Name System. DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi. Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (192.168.20.34), tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP addressnya dan hal tersebut menjadi fungsi utama DNS.









MENGATUR DAN MEMBUKTIKAN FUNGSI SERVER MENGGUNAKAN PACKET TRACER


Disusun Oleh Kelompok B :


Sovian Dony
NIM: 064001600001

Anri Ricardo Panggabean
NIM: 065001600011

Dimas Adi Pratama
NIM: 064001600003

M. Ichsan Gunawan
NIM: 064001600023




Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2017





I. JUDUL PRAKTIKUM     : Fungsi Server


II. TUJUAN PRAKTIKUM : Dapat mengatur dan membuktikan 5 fungsi server

III. ELEMEN KOMPETENSI
1.      Deskripsi : Mengatur dan membuktikan fungsi server DHCP, DNS, FTP, HTTP, dan  EMAIL.
2.      Kompetensi dasar : Dapat mengatur dan membuktikan fungsi server DHCP, DNS, FTP, HTTP, dan EMAIL

5 fungsi server.
1.      Buka CPT
2.      Kemudian buat sebuah topologi dengan mengmbil sebuah router,server, dan, beberapa buah  PC yang dihubungkan dengan sebuah kabel seperti gambar, dibawah ini.

     3. Setelah itu atur konfigurasi server dan router.


     




    Fungsi server
A.    DHCP
1.      Klik server, kemudian pilih config. Lalu, klik DHCP.
                  2. “ON” DHCP kemudian tuliskan default gateway dan DNS server nya. Lalu, klik save.

3.      Setelah selesai mengkonfigurasi, kita bisa melihat dari setiap PC bahwa ip address sudah otomatis diberikan ke setiap PC.

      B. DNS
1.      Klik server, kemudian pilih config. Setelah itu klik DNS.
2.      “ON” kan DNS service. Klik add kemudian isi nama yang anda inginkan dan ip address server. Lalu klik save.

3.      Anda dapat melihat hasil DNS pada web browser dengan mengetikkan “http://kelompokb.com

     C. HTTP
1.      Klik server, pilih config, klik HTTP
2.      ON kan HTTP dan HTTPS.
3.      Di dalam HTTP anda bisa mengedit kalimat yang ingin anda tampilkan       dalam web browser tadi.




D. FTP
1.      ON kan FTP. Kemudian isi username dan password. Lalu klik “+”

2.      Lalu buka server, command prompt. Kemudian masukkan username dan password. Anda dapat melihat isi direktori dengan menggunakan ftp ini.


E. EMAIL
1.      ON kan EMAIL, kemudian isi domain name, lalu klik set.
2.      Setelah itu, klik “+” lalu isi username dan password.

3.      Setelah itu, anda dapat saling mengirim email ke teman anda.










Fungsi telnet







IV. TEORI SINGKAT

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan sistem pengalamatan atau pendistribusian yang secara otomatis akan memberikan IP Address kepada Host/Komputer atau Client pada layanan TCP/IP yang memintanya. Komputer atau perangkat yang memberikan IP Address dinamakan sebagai DHCP Server. sedangkan komputer atau perangkat yang meminta IP Address dinamakan sebagai DHCP Client. dengan demikian DHCP juga disebut dengan arsitektur yang berbasis client server.DHCP memiliki fungsi utama mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer, serta akan memberikan kemudahan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan komputer, karena alokasi IP address dapat ditentukan secara otomatis dan dalam satu kali kerja.
Selanjutnya ada server DNS yang merupakan sistem database yang terdistribusi yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang menggunakan TCP/IP. DNS mempunyai kelebihan ukuran database yang tidak terbatas dan juga mempunyai performa yang baik. Fungsi utama sistem DNS adalah menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
Kemudian ada yang disebut FTP (File Transfer Protocol) yang mana merupakan suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP juga bisa dikatakan sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah framework. Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet.
Selain itu ada yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang mana merupakan sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu. Fungsi dari HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.
Terakhir ada server email yang merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Istilah ini juga sering digunakan untuk menunjukkan bitnet yang menyediakan layanan serupa ftp. Tak hanya itu program ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi install email. Mail server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk. Tak hanya itu fungsi utama dari program ini adalah sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstal email.

V. LAB SET UP
Adapun yang diperlukan dalam melakukan praktikum ini adalah :
- PC
- Software Cisco Packet Tracer

VI. TABEL CHECK LIST

No
Elemen Kompetisi
Check List
1
Mengatur dan membuktikan fungsi
server DHCP

  ü   
2
Mengatur dan membuktikan fungsi
server DNS

  ü   
3
Mengatur dan membuktikan fungsi
server FTP
  ü   
4
Mengatur dan membuktikan fungsi
server HTTP
  ü   
5
Mengatur dan membuktikan fungsi
server EMAIL.
  ü   
.

VII. KESIMPULAN
            Setelah mengikuti berbagai panduan atau metode yang sudah ada untuk mengatur dan membuktikan fungsi server-server di dalam Cisco Packet Tracer, kita dapat mengerti bahwa setiap komponen server memiliki peran masing-masing yang sangat penting. Dengan tersinkronisasinya tiap-tiap server tersebut, kita dapat melakukan suatu jaringan komputer untuk komunikasi atau pertukaran data antar komputer dengan sempurna, sehingga hal tersebut dapat diaplikasikan diluar laboratorium dan membantu kehidupan kita dalam bidang IT.


2 comments:

  1. BOLAVITA merupakan salah satu website yang terkenal akan banyak permainannya saat ini. Untuk pecinta Sabung ayam, dapat memainkan permainan ini di situs BOLAVITA.

    BOLAVITA memiliki kelebihan dalam website nya tersebut:
    ✔ DEPOSIT DAN WITHDRAW DIPROSES PALING LAMA HANYA 2 MENIT
    ✔ FAIRPLAY PLAYER VS PLAYER
    ✔ SERVICE 24 JAM NONSTOP
    ✔ DATA ANDA MERUPAKAN PRIVASI, JADI CUKUP AMAN
    ✔ BONUS, HADIAH DAN DISKON YANG CUKUP MENARIK

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    TERSEDIA DEPOSIT VIA :
    => PULSA ( XL & TELKOMSEL )
    => E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
    => Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    ReplyDelete
  2. ALDO ALGUSTA X TKJ1

    ReplyDelete